fiberglass n my pulsar 135

A fine WordPress.com site

fiberglass

Image
 
Fiberglass (atau fiberglass) (juga disebut glass-reinforced plastic, GRP, [1] kaca-serat plastik diperkuat, atau GFRP [2]), adalah serat diperkuat polimer terbuat dari matriks plastik diperkuat oleh serat halus kaca. Hal ini juga dikenal sebagai GFK (untuk Jerman: Glasfaserverstärkter Kunststoff).

Fiberglass adalah bahan, ringan sangat kuat, dan kuat. Meskipun sifat kekuatan yang agak lebih rendah dari serat karbon dan kurang kaku, bahan ini biasanya jauh lebih rapuh, dan bahan baku jauh lebih murah. Kekuatan massal dan sifat berat badan juga sangat menguntungkan bila dibandingkan dengan logam, dan dapat dengan mudah dibentuk dengan menggunakan proses pencetakan.

Matriks plastik mungkin epoxy, plastik thermosetting (paling sering poliester atau vinylester) atau termoplastik.

Penggunaan umum dari fiberglass termasuk pesawat kinerja tinggi (glider), perahu, mobil, mandi, kolam air panas, tangki air, atap, pipa, cladding, gips, Surfboards, dan kulit pintu eksternal.

Serat

Tidak seperti serat kaca yang digunakan untuk isolasi, untuk struktur akhir untuk menjadi kuat, permukaan serat ini harus hampir seluruhnya bebas dari cacat, karena hal ini memungkinkan serat untuk mencapai kekuatan tarik gigapascal. Jika sepotong massal kaca itu harus bebas cacat, maka akan sama-sama sekuat serat kaca;. Namun, umumnya tidak praktis untuk menghasilkan bahan massal dalam keadaan bebas cacat di luar kondisi laboratorium [3]
Produksi

Proses manufaktur untuk serat kaca yang cocok untuk penguatan menggunakan tungku besar untuk secara bertahap mencairkan pasir silika, batu kapur, tanah liat kaolin, fluorspar, colemanite, dolomit dan mineral lainnya ke bentuk cair. Maka itu adalah diekstrusi melalui ring, yang merupakan kumpulan dari lubang yang sangat kecil (biasanya 5-25 mikrometer dengan diameter untuk E-Kaca, 9 mikrometer untuk S-kaca). Ini filamen ini kemudian ukuran (dilapisi) dengan larutan kimia. Filamen individu kini dibundel bersama dalam jumlah besar untuk menyediakan sebuah keliling. Diameter dari filamen, serta jumlah filamen di keliling menentukan berat. Hal ini biasanya dinyatakan dalam hasil-meter per pon (berapa banyak meter serat dalam satu pon bahan, sehingga jumlah yang lebih kecil berarti keliling berat, contoh hasil standar 225yield, 450yield, 675yield) atau dalam tex-gram per km ( berapa gram 1 km dari keliling berat, ini terbalik dari hasil, sehingga jumlah yang lebih kecil berarti keliling ringan, contoh standar tex yang 750tex, 1100tex, 2200tex).

Ini roving ini kemudian baik digunakan secara langsung dalam aplikasi komposit seperti pultrusion, filamen berkelok-kelok (pipa), keliling gun (pistol daging otomatis kaca menjadi panjang pendek dan menjatuhkannya ke jet dari resin, diproyeksikan ke permukaan cetakan), atau digunakan dalam langkah perantara, untuk memproduksi kain seperti tikar untai cincang (CSM) (terbuat dari acak berorientasi panjang dipotong kecil serat semua terikat bersama-sama), kain tenun, kain rajut atau uni-directional kain.
Perekat

Semacam coating, atau primer, digunakan yang baik membantu melindungi filamen kaca untuk pengolahan / manipulasi serta menjamin ikatan yang tepat untuk matriks resin, sehingga memungkinkan untuk transfer beban geser dari serat kaca untuk plastik termoset. Tanpa ikatan ini, serat dapat ‘menyelinap’ dalam matriks dan kegagalan lokal akan terjadi [rujukan?]..
Properti

Sebuah serat kaca individu struktural bersifat kaku dan kuat dalam ketegangan dan kompresi-yaitu, sepanjang sumbu. Meskipun dapat diasumsikan bahwa serat lemah di kompresi, itu sebenarnya hanya aspek rasio panjang serat yang membuatnya tampak begitu, yaitu, karena serat yang khas adalah panjang dan sempit, itu gesper mudah. Di sisi lain, serat kaca lemah di geser-yaitu, di porosnya. Oleh karena itu jika kumpulan serat dapat diatur secara permanen dalam arah yang diinginkan dalam suatu material, dan jika serat dapat dicegah dari tekuk dalam kompresi, maka materi akan menjadi istimewa kuat ke arah itu.

Selain itu, dengan meletakkan beberapa lapisan serat di atas satu sama lain, dengan setiap lapisan berorientasi pada arah disukai berbagai sifat kekakuan dan kekuatan bahan keseluruhan dapat dikendalikan dengan cara yang efisien. Dalam kasus fiberglass, itu adalah matriks plastik yang permanen menghambat serat kaca struktural untuk arah yang dipilih oleh desainer. Dengan tikar untai cincang, directionality ini pada dasarnya adalah pesawat dua dimensi keseluruhan, dengan kain tenunan atau lapisan searah, directionality kekakuan dan kekuatan dapat lebih tepat dikontrol dalam pesawat.

Sebuah komponen fiberglass biasanya dari konstruksi tipis “shell”, kadang-kadang diisi di dalam dengan busa struktural, seperti dalam kasus papan selancar. Komponen mungkin bentuk hampir sewenang-wenang, hanya dibatasi oleh kompleksitas dan toleransi dari cetakan yang digunakan untuk pembuatan shell.

Aplikasi

Fiberglass adalah bahan sangat serbaguna yang menggabungkan ringan dengan kekuatan yang melekat untuk memberikan menyelesaikan tahan cuaca, dengan berbagai tekstur permukaan.

Perkembangan dari plastik diperkuat serat untuk penggunaan komersial sedang diteliti secara luas pada 1930-an. Itu terutama menarik bagi industri penerbangan. Produksi massal helai kaca ditemukan secara tak sengaja pada tahun 1932 ketika seorang peneliti di Owens-Illinois diarahkan jet udara terkompresi pada aliran gelas cair dan serat yang dihasilkan. Owens bergabung dengan perusahaan pada tahun 1935 dan Corning metode ini diadaptasi oleh Owens Corning untuk menghasilkan dipatenkan “Fiberglas” (satu “s”). Sebuah resin cocok untuk menggabungkan “Fiberglas” dengan plastik yang dikembangkan pada tahun 1936 oleh du Pont. Nenek moyang pertama resin poliester modern ini Cyanamid tahun 1942. Peroksida sistem curing yang digunakan pada saat itu.

Selama Perang Dunia II itu dikembangkan sebagai pengganti kayu lapis dibentuk buah pemindai yang digunakan dalam pesawat (fiberglass yang transparan untuk gelombang mikro). Aplikasi pertama sipilnya utama adalah untuk membangun kapal dan badan mobil sport, di mana ia memperoleh penerimaan di tahun 1950-an. Penggunaannya telah diperluas untuk sektor otomotif dan alat olahraga serta pesawat, meskipun penggunaannya ada sekarang sebagian diambil alih oleh serat karbon yang beratnya kurang per volume tertentu dan kuat baik oleh volume dan berat. Fiberglass menggunakan juga termasuk bak air panas, pipa untuk air minum dan selokan, wadah tanaman kantor layar dan sistem atap datar.

Teknik manufaktur canggih seperti roving pra-pregs dan serat memperluas aplikasi dan kekuatan tarik mungkin dengan plastik yang diperkuat serat.

Fiberglass juga digunakan dalam industri telekomunikasi untuk menyelubungi penampilan visual antena, karena permeabilitas RF dan sifat sinyal rendah redaman. Hal ini juga dapat digunakan untuk kain kafan tampilan visual peralatan lain di mana tidak ada sinyal permeabilitas diperlukan, seperti lemari peralatan dan struktur baja dukungan, karena kemudahan yang dapat dibentuk, diproduksi dan dicat dengan desain khusus, untuk berbaur dengan struktur yang ada atau bata. Kegunaan lain termasuk lembar isolator bentuk listrik dibuat dan komponen struktural lainnya yang umum ditemukan dalam industri listrik.

Karena ringan fiberglass dan daya tahan, sering digunakan dalam peralatan pelindung, seperti helm. Banyak olahraga menggunakan alat pelindung fiberglass, seperti masker goaltender modern dan masker baru bisbol penangkap ini.
Tangki
Beberapa besar fiberglass tank di bandara

Tangki penyimpanan dapat dibuat dari fiberglass dengan kapasitas sampai sekitar 300 ton. Tank-tank yang lebih kecil dapat dibuat dengan tikar untai cincang dilemparkan di atas tangki batin termoplastik yang bertindak sebagai preform selama konstruksi. Tank jauh lebih dapat diandalkan dibuat menggunakan tikar atau serat filamen luka dengan orientasi serat pada sudut kanan tegangan melingkar diberlakukan di sisi dinding dengan isi. Mereka cenderung digunakan untuk penyimpanan bahan kimia karena terbuat dari plastik (sering polypropylene) tahan terhadap berbagai bahan kimia yang kuat. Tangki fiberglass juga digunakan untuk septic tank.
Bangunan rumah
Sebuah kubah fiberglass rumah di Davis, California

Kaca diperkuat plastik juga digunakan dalam pasar bangunan rumah untuk produksi laminasi atap, pintu mengelilingi, over-pintu kanopi, jendela dan kanopi dormers, cerobong asap, mengatasi sistem, kepala dengan Keystone dan kusen. Penggunaan fiberglass untuk aplikasi ini menyediakan untuk instalasi lebih cepat dan karena masalah pengguna berat penanganan berkurang berkurang. Dengan munculnya proses manufaktur volume tinggi adalah mungkin untuk membangun panel efek bata fiberglass yang dapat digunakan dalam pembangunan perumahan komposit. Panel ini dapat dibangun dengan insulasi yang tepat yang mengurangi hilangnya panas.
Melengking

GRP dan pipa GRE sistem dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, di atas dan di bawah tanah.

    Firewater sistem
    Sistem pendingin air
    Sistem air minum
    Limbah sistem air / sistem Sewage
    Gas sistem

Metode konstruksi
Fiberglass hand lay-up operasi

Sebuah agen rilis, biasanya baik dalam lilin atau bentuk cair, diterapkan untuk cetakan yang dipilih. Hal ini akan memungkinkan produk jadi untuk dihapus bersih dari cetakan. Resin – biasanya poliester 2-bagian, vinil atau epoxy – dicampur dengan hardener dan diterapkan ke permukaan. Lembar anyaman fiberglass diletakkan ke dalam cetakan, campuran resin kemudian lebih ditambahkan dengan menggunakan kuas atau roller. Materi yang harus sesuai dengan cetakan, dan udara tidak harus terjebak antara fiberglass dan cetakan. Resin tambahan diterapkan dan mungkin lembar tambahan fiberglass. Tekanan tangan, vakum atau rol yang digunakan untuk memastikan jenuh resin dan sepenuhnya membasahi semua lapisan, dan setiap kantong udara akan dihapus. Pekerjaan harus dilakukan cukup cepat untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum resin mulai untuk menyembuhkan, kecuali resin suhu tinggi yang digunakan yang tidak akan menyembuhkan sampai bagian dipanaskan dalam oven [6] Dalam beberapa kasus., Pekerjaan ditutupi dengan plastik lembaran dan vakum ditarik pada pekerjaan untuk menghilangkan gelembung udara dan tekan fiberglass dengan bentuk cetakan. [7]
Fiberglass semprot lay-up operasi

Semprotan fiberglass lay-up proses mirip dengan hand lay-up proses tetapi perbedaan berasal dari penerapan serat dan bahan resin ke cetakan. Spray-up adalah open-molding komposit fabrikasi proses di mana resin dan bala bantuan disemprotkan ke cetakan. Resin dan kaca dapat diterapkan secara terpisah atau bersamaan “cincang” dalam aliran gabungan dari pistol helikopter. Pekerja menggelar semprot-up untuk kompak laminasi. Kayu, busa atau bahan inti lainnya maka dapat ditambahkan, dan lapisan semprot-up sekunder imbeds inti antara laminasi. Bagian ini kemudian sembuh, didinginkan dan dihapus dari cetakan dapat digunakan kembali.
Pultrusion operasi
Diagram proses pultrusion.

Pultrusion adalah metode manufaktur yang digunakan untuk membuat bahan komposit ringan berat badan yang kuat, dalam hal ini kasus fiberglass. Serat (bahan kaca) ditarik dari gulungan melalui perangkat yang melapisi mereka dengan resin. Mereka kemudian biasanya panas dirawat dan dipotong memanjang. Pultrusions dapat dibuat dalam berbagai bentuk atau lintas-bagian seperti W atau S penampang. The pultrusion Kata menggambarkan metode memindahkan serat melalui mesin. Hal ini ditarik melalui baik menggunakan tangan di tangan atau metode metode rol kontinyu. Hal ini bertentangan dengan suatu ekstrusi, yang akan mendorong material melalui meninggal.
Chopped strand mat

Strand mat cincang atau CSM merupakan bentuk penguatan yang digunakan dalam fiberglass. Ini terdiri dari kaca-serat diletakkan secara acak di satu sama lain dan diselenggarakan bersama oleh pengikat.

Hal ini biasanya diolah dengan menggunakan hand lay-up teknik, di mana lembaran bahan ditempatkan dalam cetakan dan disikat dengan resin. Karena pengikat larut dalam resin, bahan mudah sesuai dengan bentuk yang berbeda ketika dibasahi keluar. Setelah menyembuhkan resin, produk mengeras dapat diambil dari cetakan dan selesai.

Menggunakan tikar untai cincang memberikan fiberglass dengan isotropik di-pesawat sifat material.
Warping

Salah satu fitur penting dari fiberglass adalah bahwa resin yang digunakan tunduk pada kontraksi selama proses penyembuhan. Untuk poliester kontraksi ini sering dari urutan 5-6%, dan untuk epoxy dapat jauh lebih rendah, sekitar 2%.

Ketika dibentuk sebagai bagian dari fiberglass, karena serat tidak kontrak, diferensial dapat membuat perubahan dalam bentuk bagian selama penyembuhan. Distorsi biasanya akan muncul jam, hari atau minggu setelah resin telah ditetapkan.

Meskipun hal ini dapat diminimalkan dengan menggunakan simetris dari serat dalam desain, tegangan tetap internal dibuat, dan jika ini menjadi terlalu besar, maka retak akan membentuk.
Masalah kesehatan
Debu pembangunan dalam pengolahan komponen yang terbuat dari fiberglass yang diperkuat plastik
Air uji aliran untuk ekstraksi dan penyaringan uap stirena dalam ruang produksi untuk GRP yacht

Program Toksikologi Nasional mengklasifikasikan inhalable serat kaca wol sebagai “[r] easonably diantisipasi menjadi karsinogen manusia.” [8] Beberapa produk fiberglass memperingatkan “bahaya kanker mungkin terhirup”. [9] Uni Eropa dan Jerman mengklasifikasikan vitreous sintetik serat sebagai mungkin atau mungkin karsinogenik, namun serat dapat dibebaskan dari klasifikasi ini jika mereka lulus tes tertentu. [8] Bukti untuk klasifikasi ini terutama dari studi pada hewan percobaan dan mekanisme karsinogenesis. Studi pekerja pabrik fiberglass menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kanker paru-paru tetapi tidak menunjukkan jelas paparan-respon hubungan dan mungkin dikacaukan oleh efek dari merokok. [8]

Fiberglass akan mengiritasi mata, kulit dan sistem pernapasan. Gejala potensial meliputi iritasi mata, kulit, hidung, tenggorokan, dyspnea (kesulitan bernafas);. Sakit tenggorokan, suara serak dan batuk [10]

Fiberglass tahan terhadap jamur namun pertumbuhan dapat terjadi jika fiberglass menjadi basah dan terkontaminasi dengan bahan organik. Fiberglass isolasi yang telah menjadi basah harus diperiksa untuk bukti kelembaban residual dan kontaminasi. Terkontaminasi fiberglass insulasi harus segera dihapus. [11]

Sedangkan resin disembuhkan, uap stirena dilepaskan. Ini menyebabkan iritasi selaput lendir dan saluran pernapasan. Oleh karena itu, Ordonansi Hazardous Substances di Jerman mendikte batas paparan maksimum kerja dari 86 mg / m³. Dalam konsentrasi tertentu bahkan mungkin terjadi campuran berpotensi meledak. Pembuatan komponen lebih lanjut GRP (menggiling, memotong, menggergaji) sejalan dengan emisi debu halus dan chip yang mengandung filamen kaca serta debu norak dalam jumlah besar. Ini mempengaruhi kesehatan masyarakat dan fungsi mesin dan peralatan. Untuk memastikan peraturan keselamatan dipatuhi dan efisiensi dapat dipertahankan, instalasi ekstraksi yang efektif dan peralatan filtrasi dibutuhkan. [12]

sumber:www.wikipedia.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 5, 2013 by in motor.

Navigation

January 2013
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: